Minggu, 10 Juli 2011

Teknik Dasar Photoshop

Teknik Dasar Photoshop

Sebenarnya dari dulu pengen nulis tutorial photoshop, tapi agak sulit bagi saya, karena setiap kali saya ngedit foto atau gambar, saya gak bisa ngulangin lagi, ,hehehe. Bisa dibilang, setiap ngedit, saya mencampur efek-efek, dan filterisasi secara spontan, dan akhirnya jadilah hasil editan yang lumayan bagus (kata temen-temen :D ). Menurut saya, bermain dengan photoshop sama saja dengan bermain di laboratorium kimia, heh :? ??? iya, menurut saya mencampur efek-efek tadi bisa membentuk keindahan tersendiri dari sebuah foto,hehehe, tapi photoshop tak sesulit mencampur unsur kimia menjadi senyawa, photoshop memang software pengolah grafis yang spesifik namun mudah dipelajari. Semakin banyak berlatih dan mengembangkan dasar-dasar teknik photoshop, maka kita dengan sendirinya dapat menciptakan efek yang belum pernah ada (wuahhhh !!!). Setiap photo editor (seperti saya,hhe) memiliki teknik-teknik dasar sendiri, teknik-teknik dasar yang saya pakai adalah:

  • Adjusting ,paling utama, karena berhubungan dengan komposisi foto, seperti pewarnaan dan toning. Ini adalah teknik sederhana yang nantinya jika dikembangkan akan menciptakan efek yang jauh lebih bagus.

  • Transformating and layer, biasanya berhubungan dengan ukuran dan penggabungan foto.
  • Filtering, efek-efek baru bisa diciptakan dengan efek yang telah disediakan oleh photoshop di sini.

  • Drawing, menggambar/membentuk vektor, vektor bisa digunakan untuk tambahan beberapa efek foto.
  • Brushing, teknik ini juga banyak yang menggunakan, karena lebih mudah dari pada teknik Drawing vector.

  • Texting, pastinya berhubungan dengan teks pada foto yang akan diedit nantinya.

Nah, dengan mengkombinasikan teknik dasar tadi kita bisa membuat efek baru yang kita inginkan. Misalnya kalo kita sering browsetutorial, kita sering mendapati tutorial-tutorial yang menggunakan efek spesial dari penggabungan efek-efek dasar tadi.

Hoammm, seperti yang saya tulis tadi, bahwa setiap seniman digital punya teknik dasar tersendiri, di postingan yang lain saya akan menulis tutorial-tutorial photoshop mulai dari yang paling mudah sampe yang saya gak tau (gmana nulisnya kalo kagak tau ‘-_-) hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar